RAPAT BLOGGER CIKARANG DAN PESTA BINDHE BILUHUTA

Tadi malam, Sabtu (19/6), saya menjadi tuan rumah penyelenggaraan rapat pengurus Komunitas Blogger Cikarang. Hadir dalam acara itu sang Presiden Blogger Cikarang Pak Ceppi Prihadi, Pak Eko Eshape, Pak Ruwi, Pak Ipung, Pak Wawan, Pak Arry Kurnia dan Pak Firman. Dalam acara tersebut, disela-sela pembahasan program Blogger Cikarang mendatang (tentu saja termasuk mengulas soal Piala Dunia 2010), kami menghidangkan “Bindhe Biluhuta”, hidangan khas Gorontalo (kampung kedua orangtua saya) yang sangat terkenal itu.

Proses pembuatan makanan khas ala Gorontalo ini memang penuh “perjuangan” karena kami mesti bolak balik telepon ke ibu saya di Makassar “minta petunjuk” agar mendapatkan rasa yang pas sesuai aslinya. Syukurlah istri saya berhasil “menangkap” dan menerjemahkan esensi cara pembuatan makanan ini dengan baik dan memuaskan kawan-kawan yang hadir.

Kami mesti melakukan modifikasi karena kalau di Gorontalo itu pake “duwo” alias ikan kecil sebesar ikan teri (di Cikarang jenis ikan ini tidak ada), jadi pagi sekali kami ke pasar dan beli ikan Tenggiri plus udang. Ikan Tenggirinya direbus lalu dibakar dan disuwir-suwir kecil. Usai sholat magrib semalam saya ikut berpartisipasi dengan memarut kelapa, konon kabarnya parutan kelapa manual lebih mantap rasanya ketimbang pake mesin 🙂

Nah..ini dia beberapa foto acara semalam yang diambil oleh fotografer handal Blogger Cikarang, Pak Firman

"Penampakan" Binde Biluhuta (foto by Pak Firman)

Hidangan Binde yang sebagian besar sudah licin tandas 🙂

Para Blogger Cikarang bernarsis ria

Narsis lagi...

Resep Bindhe Biluhuta bisa baca disini dan paling enak dimasak sambil mendengarkan lagunya yang didendangkan oleh Eddy Silitonga disini.  Mantaap!!

Satu tanggapan

  1. Ping-balik: SEDERHANA TAPI MERIAH, KONSEP ACARA HUT PERTAMA BE-BLOG /  Catatan Dari Hati

  2. Ping-balik: Sederhana Tapi Meriah, Konsep Acara HUT Pertama BeBlog | Komunitas Blogger Bekasi

  3. Ping-balik: BRIPTU NORMAN, PIYO-PIYOHU NGANA UTI ? / Catatan Dari Hati

Tinggalkan komentar