MENYIKAPI RIBETNYA TARIF ROAMING DAN KENDALA TELEKOMUNIKASI DI LUAR NEGERI

[P]erjalanan keluar negeri selalu menjadi hal yang menarik dan mengesankan. Buat saya, mengunjungi tempat-tempat baru, jauh dari tempat saya tinggal dan berinteraksi,  menghadirkan sensasi dan pesona tersendiri. Terlebih ketika kemudian mengunjungi lokasi-lokasi eksotis di luar negeri yang kerap kali mengundang rasa penasaran seperti apa rasanya berada disana serta terbitnya keinginan untuk berbagi pengalaman dengan keluarga atau sahabat di tanah air.

Bulan Maret 2011 lalu, saya mendapatkan kesempatan jalan-jalan ke Hongkong Disneyland dari ID Blognetwork bersama 6 blogger Indonesia lainnya. Yang pertama kali terbersit dalam fikiran saya ketika itu, selain persiapan yang harus dibawa kesana serta dokumen imigrasi adalah bagaimana saya kelak bisa dengan lancar melakukan komunikasi secara intens dan lancar bersama keluarga saya di rumah dengan lancar dan murah serta yang “paling penting” adalah bagaimana saya bisa membagi aksi-aksi “narsis” saya secara realtime di jejaring social yang saya miliki.

Untunglah, saya sudah menjadi pelanggan XL Pasca Bayar sejak 2003 sehingga saya tak perlu menjadi risau apalagi galau menghadapi kendala telekomunikasi seperti ini. Yang menyenangkan adalah XL Roaming menawarkan program memikat “1 Tarif di Semua Negara” (kecuali Timur Tengah dan penggunaan Satelit Phone) yaitu baik menelepon maupun ditelepon Rp 3500/menit dan SMS Rp 3500. Dan program ini adalah yang Pertama di Indonesia. Tidak Ribet. Karena saya tak perlu mendaftar atau ganti SIM card
Syukurlah, Hongkong menjadi salah satu Negara mitra XL dalam program ini, sehingga prosedur yang saya jalankan sangat mudah selama kunjungan kesana tanggal 18-20 Maret 2011. Kebetulan, saya sebagai pemakai Blackberry, berlaku tariff Roaming Gratis untuk 3 hari pertama kunjungan. Tak ayal fasilitas Push Email, Internet Browsing, Instant Messaging (BlackBerry Messenger/BBM, Yahoo! Messenger, Google Talk, Windows Live Messenger, dst) sampai Social Networking (Facebook, Twiiter, MySpace, Flickr, dsb) bisa saya gunakan dengan sebaik-baiknya, secara bebas!.

Tiba di bandara Internasional Hongkong, Jum’at subuh 18 Maret 2011 saya langsung melakukan update status di Twitter saya dengan menggunakan Blackberry. Operator seluler “Smart Tone” yang menjadi mitra XL disana langsung melakukan koneksi otomatis ke smartphone saya. Sesudah itu, saya membagi keceriaan dan kegembiraan saya berada di Hongkong Disneyland termasuk upload foto kepada follower-follower saya di twitter dan facebook. Secara real time.

Bagi saya ini sebuah “kemewahan” tersendiri–selain “kemewahan” lain berupa anugerah jalan-jalan gratis ke Taman Disney kedua di dunia itu–untuk saya, karena bisa menghubungi keluarga yang saya cintai nun jauh di Cikarang dengan murah dan mudah serta melakukan “reportase” teks dan foto lewat jejaring social yang saya miliki. Perjalanan saya menjadi terdokumentasi secara runtut dan tentu saja bisa kembali saya abadikan lewat tulisan di blog (bisa baca kisah saya selama di Hongkong disini )

Alhasil, rumor yang menyatakan bahwa melakukan komunikasi telepon dan SMS dari luar negeri sangat mahal dan menyulitkan ternyata tak terbukti. Bahkan saat melaju di kereta MTR dari stasiun Sunny Bay menuju Mongkok, tetap “nyambung terus”. Saya menjadi tidak merasa terlalu “ndeso” karena berkat komunikasi yang lancar saya bisa memperoleh berbagai informasi bermanfaat termasuk sempat menghubungi kawan saya di Jakarta yang pernah ke Hongkong untuk meminta advisnya.

Jadi tak perlu merasa ribet dan direpotkan oleh kendala berkomunikasi seluler selama di luar negeri.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s