8 TAHUN BLOGFAM : MENGALIR BERSAMA KEHANGATAN KELUARGA DUNIA MAYA

[S]elalu ada barisan kenangan yang melintas di benak setiap merayakan ulang tahun komunitas blogger tertua di Indonesia, Blogfam. tanggal 6 Desember setiap tahun. Kehangatan keluarga dunia maya yang dihadirkan menjadi sesuatu yang unik dan membuat saya senantiasa rindu untuk “pulang” berinteraksi kembali disana.

Bergabung pertama kali 15 Oktober 2004, saya seperti disambut hangat layaknya artis pulang kampung. Sempat terkaget-kaget ketika sapaan bertubi-tubi datang pada “thread” perkenalan saya (saya tulis posting perdana saya di Blogfam itu dengan tangan agak gemetar karena gugup dan minder). Bukan main. Seketika saya seperti dikelilingi rombongan sahabat yang siap membantu, siap berbagi, selalu peduli dan menjadi teman seiring dalam melangkah bersama saya, seorang “newbie” di ranah blog.

Dan waktupun terus berjalan. Interaksi saya bersama teman-teman di Komunitas Blogfam berlangsung intens, ceria serta penuh rasa kekeluargaan yang tinggi. Prinsip “we are virtual family” seperti taglinenya benar-benar terwujud melalui respon, tanggapan, celetukan-celetukan iseng, canda, bahkan curhat sesama anggotanya lewat thread-thread forum yang didirikan pada 6 Desember 2004 ini. Seperti yang pernah saya tulis disini romantika “berkeluarga” di Blogfam kian berwarna ketika saya diangkat menjadi moderator, pengasuh ruang “dewasa” untuk berdiskusi tentang kesehatan reproduksi “Kamar Tidur” hingga kemudian menjadi “koki” alias editor buku-buku Blogfam. Saya sungguh menikmati semuanya. Begitu cair, akrab dan membumi.

Kini, 8 tahun sudah berlalu.Apakah kehangatan keluarga itu masih ada ketika “gempuran” interaksi sosial media kian terasa lebih menggoda ketimbang interaksi lewat forum online?. Kehangatan itu tetap ada dan masih akan terus ada meski sejumlah (bahkan sebagian besar) anggotanya sudah tak pernah lagi posting atau sekedar merespon thread di Forum. Bagaimanapun keinginan untuk berinteraksi di ranah media manapun adalah pilihan dan hak setiap individu, namun bagi saya, Blogfam adalah salah satu “rumah” saya untuk “pulang”. “Mengisi” spirit saya, semangat saya, untuk menjalin hubungan dan interaksi dengan keluarga dunia maya yang sudah begitu lekat di hati saya selama ini, Blogfam.

Selamat Ulang Tahun kedelapan, Blogfam !

 

 

12 responses

  1. buat vi3, blogfam udah terpatri di hati vi3.. sampai kapanpun selalu ada Blogfam…
    Happy bday, Blogfam…

    kapan ya pak, kita bisa ketemuan lagi? cuman sekali doang ketemuan pas di Plangi ya…

  2. Saya belum bergabung dengan BlogFam, tapi say abisa merasakan kehangatan dan kebersamaan didalamnya lewat interaksi ‘sesaat’ dengan founder dan membernya waktu di Bali kemarin. Thanks buat Mbak Indah, Mas Iwok, Tuteh dan lain-lain. Bravo BlogFam

  3. Ping-balik: 8 Tahun Blogfam Mengalir Bersama Kehangatan | Tempat Wisata Indonesia

  4. karena gabung dengan Blogfam, akhirnya saya bisa mengenal Daeng Amril dan bahkan akhirnya sering duet bareng di berbagai kegiatan online, mulai dari chef buku2 blogfam sampai jadi juri lomba di Pesta Blogger.

    Terima kasih daeng sudah menjadi salah satu sahabat saya.
    Selamat ultah Blogfam 🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s