BLOGILICIOUS YOGYAKARTA YANG HEBOH DAN MERIAH

[P]esawat Lion Air JT 562 dari Jakarta mendarat mulus di lapangan terbang Adisucipto Yogyakarta, Sabtu (11/6). Baru pukul 07.30 pagi, saya bergumam seusai melihat jam tangan sebelum membawa ransel turun dari pesawat. Cuaca pagi Kota Gudeg menyapa hangat sesaat ketika kaki saya menapak tangga menuju lobi depan Bandara. Mata saya segera menangkap tulisan nama saya tertera dikertas yang diacungkan oleh Sopir mobil sewaan. Setelah berkenalan, saya minta diantar Pak Sopir ke Wisma Joglo, tempat kawan-kawan dari Jakarta menginap.

Suasana asri dan teduh nampak terlihat saat kami memasuki kawasan Wisma Joglo yang terletak tak jauh dari Plaza Ambarukmo Yogya ini. Setelah sarapan, kami lalu bergerak menuju Gedung Fakultas Pertanian lantai 3 UPN Seturan Yogyakarta,. Jaraknya ternyata tak terlalu jauh dari Wisma Joglo.

Rangkaian acara Blogilicious Yogya dibuka dengan musik tradisional angklung Jlagran yang memainkan berbagai macam lagu tradisional Jawa hingga lagu-lagu populer masa kini. Hentakan iramanya begitu padu dan ritmis. Kelompok musik ini kerapkali “manggung” di pinggir jalan Malioboro Yogyakarta. Setelah itu, acara dilanjutkan dengan ย sambutan Panitia Lokal Blogilicious Yogya, Mas Toni serta pembukaan secara resmi penyelenggaraan Blogilicious di kota kelima tersebut oleh Business Director IDBlognetwork (IBN) Mubarika Darmayanti.

Seperti di Palembang, saya kembali tampil sebagai moderator yang memandu acara sepanjang 2 hari kegiatan Blogilicious Yogya. ย Sesi pertama pagi itu dibuka oleh materi Tips Blogging oleh “sesepuh” Komunitas Blogger Solo mas Blontankpoer dan materi Etika Blogging oleh mas Iman Brotoseno. Kedua blogger kawakan Indonesia menyajikan materinya dengan memikat termasuk sharing pengalaman pribadi mereka. Mas Iman misalnya menceritakan kisah ketika blog sang sutradara iklan ini dicontek orang bahkan dijadikan konten dalam sebuah buku dan ia langsung melakukan langkah hukum untuk menggugatnya.

Setelah itu, tampil Pak Julian Gafar, Direktur Berniaga.com salah satu sponsor kegiatan Blogilicious menyajikan materi bersama-sama mas Aris Heru Utomo dari Kemenlu RI yang membawakan materi tentang sosialisasi Komunitas Blogger ASEAN. Peserta yang hadir dalam kegiatan ini lumayan banyak, mencapai 200 orang. Tidak hanya dari Yogya, beberapa peserta datang dari Solo, Malang, Surabaya, bahkan Lampung!.

Seusai istirahat makan siang, acara dilanjutkan dengan materi Mobile Blogging dari Pak Pribadi Nirwana (Telkom Flexi, Yogya) serta Dimas Maulana yang membawakan materi tentang Sosial Media. Agenda acara berikutnya yang ditunggu-tunggu peserta adalah presentasi dari IDBlognetwork tentang Blog Monetizing yang dibawakan oleh Kukuh TW (Direktur Teknik) dan Mubarika Darmayanti (Direktur Bisnis).

Pada akhir sesi dibagikan 2 hadiah job review senilai masing-masing Rp 1 Juta kepada 2 orang peserta yang beruntung dan berhasil menjawab pertanyaan yang diajukan. Para peserta sangat antusias, saya sampai kewalahan untuk memilih nominasi peserta dengan terlebih dahulu mencari 4 orang yang akan maju kedepan menerima pertanyaan dari mbak Rika dan mas Kukuh. Saya harus jeli melihat siapa yang mengacungkan tangan paling cepat. Pokoknya seru sekali.

Rangkaian acara hari pertama Blogilicious berakhir pukul 16.30 sore. Kami lalu kembali ke Wisma Joglo untuk mandi dan beristirahat sejenak. Pukul 19.30 malam rombongan pembicara, panitia lokal serta tamu peserta dari Surabaya dan Lampung menuju ke Rumah Makan Mbok Berek Garden di Jl.Raya Magelang Km.9.

Di rumah makan bernuansa tradisional tersebut saya ternyata baru paham bahwa usaha rumah makan Mbok Berek yang terkenal itu ternyata bukanlah waralaba melainkan usaha warisan turun temurun dari keturunan mbok Berek. Pak Agus Setyanto, pemilik rumah makan tersebut yang merupakan turunan kelima Mbok Berek. Saya sempat berdiskusi lama dengan beliau, bahkan sempat memperlihatkan silsilah Mbok Berek dimana terdapat nama-nama beken pemilik restorant tradisional asli Indonesia seperti Ny.Umi dan Ny.Suharti. Saya juga mengabadikan gaya dibawah foto asli mbok Berek pada sebuah ruangan tersendiri di rumajh makan tersebut. Saya sangat menikmati hidangan Mbok Berek Garden yang sungguh lezat menerbitkan selera.

Esok paginya, sebelum kami semua menuju lokasi kegiatan, saya bersama mas Novi dan mbak Ajeng dengan diantar Verry sang panitia lokal, mampir sarapan sejenak di Gudeg Yu Jum.yang sangat terkenal dikawasan Selokan tak jauh dari kampus Universitas Gajah Mada. Wah, luar biasa betul kelezatan hidangan Gudeg Yu Jum ini ketika saya santap. Bumbunya meresap tak hanya pada gudegnya tapi juga pada Telur Pindang, Sambal Krecek dan Daging Paha Ayamnya.

Dari Gudeg Yu Jum, saya kembali “beraksi” sebagai moderator di hari kedua Blogilicious Yogyakarta. Kali ini saya memandu materi Blogpreneur yang dibawakan oleh mas Eko Eshape dan materi Blogging Security oleh Aldi Terren.

Dalam sajian materinya Mas Eko “menggebrak” dengan memberikan kuis “warna otak: masing-masing peserta dengan sebelumnya membagikan lembaran isian dan kemudian membahasnya dalam presentasi. Esensi Blogpreneur yang mengutamakan aksi yang cepat dengan perhitungan yang tepat diangkat oleh mas Eko (wakil ketua Komunitas Blogger Bekasi serta pengusaha Mie Sehati) dengan cara memikat dan interaktif.

Aldi Terren tampil dikesempatan berikutnya membawakan materi Blogging Security. Ia menguraikan sejumlah pengalamannya terkait pengamanan blog/website dari serangan Hacker & Cracker.

Setelah itu tampil mas Suryaden membawakan materi Search Engine Optimalization (SEO) dan mas Jauhari (yang juga desainer blog ini serta kawan saya sesama blogger yang berangkat ke Hongkong Disneyland bulan Maret lalu) membawakan materi “Desain & Tema Blog”. Dengan pengalaman yang dimiliki masing-masing, keduanya menyajikan materinya secara menarik.

Menjelang acara berakhir diumumkan prosedur lomba Mini SEO khusus untuk Kota Yogyakarta berhadiah Samsung Mini Galaxi oleh mbak Ajeng dengan Keyword “Blogilicious Trah Yogyakarta”. Di kesempatan yang sama pula, mbak Ajeng sebagai Ketua Dewan Juri mengumumkan pemenang lomba serupa di Surabaya (Blogilicious de Surabaya) dan Makassar (Blogilicious Fun Makassar) yang masing-masing dimenangkan oleh Syafir dan M.Risman

Rangkaian acara Blogilicious ditutup dengan penyerahan wayang Werkudara dari sang Ketua Panitia Lokal Yogyakarta Azhie kepada Direktur Bisnis IBN Mubarika Darmayanti. “Wayang Werkudara ini atau kerap dikenal sebagai Gatotkaca sebagai simbolisasi keinginan kami semua, para blogger, agar IBN bisa terbang tinggi mengangkasa bagai Gatotkaca dengan penuh kesuksesan berkat dukungan Blogger Indonesia,” kata Azhie yang disambut dengan mbak Rika dengan rasa haru.

Sukses buat Blogilicious Trah Yogyakarta !!

9 responses

  1. sama pak.. blogilicious yogyakarta benar2 muantabb, meriah dan sukses…
    pokoknya luar biasa…

    o ya terima kasih karena sudah menunjuk saya sebagai salah satu dari 4 peserta yang memperebutkan job review untuk member IBN di hari pertama pak ๐Ÿ˜€

  2. Ping-balik: Blogilicious Yogyakarta Yang Heboh dan Meriah | idblogilicious.com

  3. memang asik di blogilicious yogya, dengan sedikit kekurangnya…

    Wayang Werkudara ini atau kerap dikenal sebagai Gatotkaca mmmmm mungkin sedikit kesalahan om.. werkudara sama gatotkaca beda ๐Ÿ˜€ ,,, werkudara itu bapaknya gatotkaca

  4. Ping-balik: KELEZATAN DASHYAT GUDEG YU JUM / Catatan Dari Hati

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s