KOPDAR DAN BINCANG SANTAI BERSAMA BLOGGER BEKASI

Saat tiba di Food Court Bekasi Cyber Park lantai 2 sekitar pkl.11.45 siang, bersama istri dan kedua anak saya, lokasi acara kopdar Blogger Bekasi, Minggu (26/12),  masih terlihat sepi. Belum tampak “pasukan” BeBlog yang akan memeriahkan perhelatan kopdar sekaligus syukuran atas terpilihnya Blogger Bekasi sebagai komunitas Blogger berbasis wilayah terbaik dalam ajang Pesta Blogger 2010 akhir Oktober lalu.

Tak lama kemudian, muncul sang Ketua BeBlog mas Aris Heru Utomo bersama sang istri tercinta dan si bungsu Rifky. Kami langsung bercakap akrab dan berdiskusi mengenai tata letak ruangan untuk penyelenggaraan acara tersebut. Alhamdulillah, tak lama kemudian, secara berangsur-angsur, para peserta kopdar berdatangan. Yang paling heboh dan meriah–seperti biasa–tentu saja kawula muda BeBlog yang atraktif serta kreatif : Ibote. Hadir pula perwakilan kawan-kawan dari Komunitas Koprol Bekasi Raya (@koper) dan Multiply Indonesia (mbak Rien dan Ullict) serta ada Mas Maulana Agus yang mewakili Komunitas Blogger Cikarang. Dua pembicara dalam kopdar dan bincang santai, Kang Baban Sarbana dan Mas Donny BU juga sudah tiba.

Setelah menerima voucher makan senilai Rp 20.000,- kami lalu “hunting” makanan di beberapa gerai yang tersedia di Food Court. Cukup banyak pilihannya dan umumnya adalah masakan tradisional. Saya, seperti biasa, memesan Nasi Goreng Spesial. Sangat pas disantap saat hujan deras yang tengah melanda Bekasi ketika itu.

Pukul 13.30 acara dimulai. Kami berpindah dari ruang dalam ke luar yang menyediakan fasilitas sound system yang lebih baik. Saya lalu membuka acara dan mempersilahkan Mas Aris untuk menyampaikan sambutan. Setelah itu Kang Baban Sarbana tampil untuk berbagi pengalaman kepada hadirin.

Dengan penyampaian yang memikat serta interaktif, Kang Baban yang juga seorang blogger dan sudah menulis 5 buku ini, memberikan motivasi khususnya kepada kami yang hadir untuk tetap konsisten menyampaikan pikiran dan perasaan lewat menulis.

“Saya merasakan sendiri manfaatnya, antara lain, berkat kemampuan menulis, saya dapat berangkat ke Amerika Serikat tanpa perlu mengeluarkan biaya setelah berhasil menyampaikan buah fikiran saya di Facebook mengenai mimpi dan keinginan bila berkesempatan berkunjung ke negeri Paman Sam itu,” kata Kang Baban yang sudah mengumpulkan kompilasi pengalamannya selama berkunjung ke Amerika dalam buku “Tapak Tilas Barack Obama”.

“Sebelum berangkat kesana saya bahkan sudah melakukan deal dengan penerbit buku saya (Elexmedia) untuk membukukan tulisan-tulisan saya selama disana serta Kompasiana untuk menayangkan tulisan-tulisan pengalaman terbaru selama di Amerika secara eksklusif di halaman headline”, ujar blogger yang ternyata tidak hanya piawai menulis buku ini tapi juga pernah menjadi penulis script materi acara TV seperti “Mimpi Kali Ye” dan beberapa acara lainnya.

“Alhamdulillah setelah 2 tahun ngeblog, saya dapat menghasilkan 5 buah buku. Kebanyakan berupa kisah-kisah yang diangkat dari blog saya dan saya juga pernah menulis biografi presenter kawakan Helmy Yahya yang saya selesaikan dalam waktu singkat dalam rangka menyongsong ulangtahun beliau yang keempatpuluh, ” ujar penulis buku “Hati Tak Bersudut” dan Ampuh Cerdas Tanpa Batas” serta mengasuh blog di http://www.lebahcerdas.wordpress.com ini. Kang Baban juga menyampaikan kiat ampuhnya untuk menulis: “Tulis apa yang difikirkan, jangan difikirkan yang ditulis”. Ia lalu menambahkan,”Dengan menulis, saya bisa mendokumentasikan apa yang pernah saya lihat dan rasakan, sehingga tak akan lenyap begitu saja bersama berlalunya peristiwa”.

Kang Baban menutup uraiannya dengan menyampaikan kiat ampuhnya dalam menulis,”Temukan tema, ukir idenya,libatkan otak kiri dan kanan, kelola dengan kemampuan teknis penulisan yang dimiliki serta konsistenlah”.

Setelah Kang Baban, tampil Mas Donny BU yang kini aktif di ICT Watch dan juga menjadi salah satu penggagas gerakan Internet Sehat. Dengan tak kalah menariknya dengan Kang Baban, mas Donny menguraikan pengalamannya dengan memikat dan sangat menarik. Ia bercerita awal memulai gerakan Internet Sehat saat membaca sebuah artikel di sebuah situs online berbahasa Inggris mengenai masalah-masalah yang kerap terjadi dalam aktifitas berinternet. Ia kemudian terinspirasi untuk mengembangkan jaringan gerakan kampanye berinternet secara sehat di Indonesia yang selama ini belum terlalu tersosialisasi dengan baik.

Mas Donny juga bercerita dengan pengalaman menulis dan jaringan yang dimilikinya berusaha untuk keluar dari “comfort zone” dan kemapanan karir di detik.com dengan mengundurkan diri dan mencoba untuk mandiri dalam sebuah tantangan baru. “Mulanya berat, tapi Alhamdulillah, sejauh ini saya telah berhasil melalui kendala dengan terus memelihara semangat dan mengembangkan ide melalui usaha yang saya telah rintis dengan mengerjakan sejumlah proyek-proyek terkait dengan sosialisasi internet sehat dan riset/study tentang new media,” katanya dengan mata berbinar.

Diskusi interaktif terbangun dalam suasana penuh kekeluargaan kemarin. Sesekali terdengar tawa dan canda karena Kang Baban maupun Mas Donny pandai menghidupkan suasana. Seusai acara, kedua pembicara mendapatkan kenang-kenangan dari Blogger Bekasi yang diserahkan langsung oleh Mas Aris Heru Utomo. Sebelum ditutup seperti biasa ada “ritual khas” ala Blogger yaitu : Foto Narsis Bersama ! 🙂

Secara umum kopdar yang dilaksanakan berjalan lancar dan sukses. Semoga Blogger Bekasi bisa melaksanakan kembali kopdar-kopdar serupa yang memberikan pencerahan dan inspirasi bagi wawasan dan pemikiran.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s