COMING SOON : SABERIN

 kesalahan-penulis-nubie2.jpg

Minggu ini saya akan mencoba sesuatu yang baru dalam kiprah per-blogging-an saya. Dengan mengumpulkan segenap keberanian yang ada dan kemampuan menulis yang ala kadarnya, saya memulai sebuah eksperimen penulisan kisah fiksi yang saya namakan sebagai : Saberin atau Kisah Bersambung Interaktif. Konsepnya sama sekali berbeda dengan Cerita Estafet atau Cerfet yang dipopulerkan pertama kali oleh komunitas blogger Blogfam, yang juga beberapa kali saya ikuti. Karena disini hanya saya yang menjadi penulis tunggal.

Untuk pengenalan karakter tokoh dan mengintrodusir potensi konfliknya, pada episode pertama hingga ketiga, saya akan menulis tanpa melibatkan pembaca sebagai kontributor ide lanjutannya. Di episode keempat dan seterusnya, secara interaktif saya akan membuka kesempatan kepada setiap pembaca Saberin untuk berpartisipasi dan berkontribusi menyumbangkan ide lanjutan cerita kisahnya, melalui kolom komentar.

Saya akan memilih satu orang penyumbang ide terbaik (serta masuk akal tentunya, bila dikaitkan dengan isi cerita) dan kontribusi idenya saya akan adaptasi di episode lanjutannya. Bila dalam waktu seminggu setelah cerita ditayangkan tak ada kontribusi ide dari pembaca, saya akan melanjutkan kisah itu sesuai ide yang ada dikepala saya.

Selain nama atau nick-name dan alamat blog sang penyumbang ide saya akan pasang pada lanjutan kisah Saberin,  juga ia berhak atas hadiah satu paket buku senilai Rp 50,000 (yang bisa dipilih sendiri dari toko-toko buku online di Indonesia seperti KutuKutuBuku, BukaBuku atau IniBuku). Saya akan menanggung biaya pembelian paket buku dan ongkos kirim bukunya yang penting alamat pengirimannya masih berada dalam wilayah Indonesia.

Rencananya saya akan posting lanjutan kisah Saberin minimal setiap dua minggu sekali (namun tentu tergantung pula seberapa besar kesibukan saya). Jadi dalam sebulan paling tidak akan ada 2 episode Saberin dan tentu akan ada 2 pemenang kontributor ide ceritanya. Saya belum bisa menentukan seberapa panjang episodenya, jadi biarkan saja kisahnya mengalir.

Beberapa penggalan kisah Saberin ini akan saya ambil dan “modifikasi” ulang dari Cerfet saya di Blogfam (“Selebritiku, Pulanglah”, “Bayang Hitam” dan “Belum ada Judul”) serta cerpen-cerpen saya yang lain.

Tunggu episode pertama Saberin dalam minggu ini dan ditunggu kontribusi ide anda..

Sumber Gambar

7 responses

  1. satu lagi, daeng..
    saya punya domain www . bercerita . com

    saya beli beberapa bulan lalu, dan sampai sekarang ndak pernah saya buat websitenya.

    kalau mau ki’, kita sama2 kelola.

    tujuan awal saya beli domain itu untuk web atau blog cerita2 (cerpen, dsb),,tapi sampai sekarang saya belum punya ide yang hebat untuk itu.

    kalo berminat, email nah..

    –Wah ide bagus tuh, Mus. Nanti saya email ya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s